3 Tips Berselancar Internet Dengan Aman Di Android

Keamanan di era internet saat ini tentu menjadi perhatian para pengguna Android. Pasalnya, banyak hacker yang selalu mencari korban.

Oleh karena itu, Anda perlu mengambil langkah-langkah penting untuk memastikan aktivitas Anda saat berselancar di internet tetap aman. Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan dengan mulai menggunakan aplikasi pihak ketiga dan mengubah kebiasaan Anda.

1. Gunakan browser yang berfokus pada privasi

Salah satu cara termudah untuk menjelajahi internet dengan aman adalah dengan menggunakan browser yang membuat Anda tetap aman.

Salah satu browser yang bisa Anda gunakan adalah Firefox Focus. Browser ini dirancang untuk melindungi keberadaan digital Anda saat mengakses Internet.

Akibatnya, browser ini tidak menyertakan riwayat penelusuran, tab, bookmark, atau fitur lain yang biasanya terdeteksi oleh aplikasi serupa.

Jika Anda memerlukan fitur seperti riwayat penjelajahan atau tab, Anda dapat mengubah pengaturan browser agar aktivitas Anda tetap aman saat Anda menggunakan Internet.

Banyak browser modern yang dikenal memiliki sistem keamanan yang dapat melindungi penggunanya. Salah satunya adalah Google Chrome dengan penjelajahan yang aman.

Untuk mengaktifkan fitur ini, buka “Pengaturan “, pilih “Opsi Lanjutan “, lalu Pilih “Privasi “. Kemudian pilih Do not track browsing activity agar browser tidak melacaknya.

2. Jangan gunakan pengelola kata sandi browser Anda

Banyak browser, seperti Google Chrome, sering menawarkan opsi untuk layanan pengelolaan kata sandi. Oleh karena itu, Anda tidak perlu memasukkan kata sandi saat memasukkan akun tertentu.

Namun, kami menyarankan Anda untuk tidak menggunakan layanan yang disediakan oleh browser Anda. Alasannya adalah bahwa situs web jahat dapat membahayakan keamanan kata sandi yang disimpan.

Oleh karena itu, sebaiknya gunakan aplikasi pengelola kata sandi khusus. Jenis aplikasi ini memiliki enkripsi yang baik dan dapat berjalan di banyak platform dan browser.

Di sisi lain, menggunakan Wi-Fi publik bermanfaat, tetapi juga mengurangi risiko. Ini karena pihak ketiga mungkin memantau pergerakan Anda saat Anda menggunakan jaringan untuk mengakses Internet.

Sebagai solusinya, Anda perlu menginstal aplikasi pemindai Wi-Fi populer seperti ARP Guard. Aplikasi ini akan memperingatkan Anda jika ada aktivitas mencurigakan di jaringan Wi-Fi Anda yang terhubung.

3. Instal pemindai malware

Mereka yang sering mengunduh file secara online memerlukan aplikasi pemindai malware di perangkat mereka.

Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk memverifikasi bahwa file Anda bebas dari malware.

Perlu diingat bahwa jenis aplikasi ini juga memiliki banyak fitur berguna, mulai dari anti-pencurian hingga manajemen kinerja.

You May Also Like

About the Author: renotahoebloggers

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.