5 Tips Mengelola RAM Android Agar Tidak Lemot

Tidak bisa dipungkiri smartphone Android kini memiliki RAM dengan fitur lengkap. Saat ini, rata-rata perangkat Android memiliki setidaknya 3 GB RAM, dengan yang terbesar adalah 8 GB.

Namun, tidak jarang bagi pengguna Android menemukan perangkat mereka lambat. Faktanya, perangkat ini menyimpan banyak RAM.

Nah, bagi yang masih bingung bagaimana cara menghemat penggunaan RAM di perangkat Android

1. Jika tidak ada masalah, santai saja

Harap dicatat bahwa dari smartphone kelas menengah hingga smartphone Android, ia memiliki RAM yang tinggi. Jadi tidak ada yang perlu Anda lakukan untuk mempercepat ini.

Perlu dicatat bahwa konsumsi RAM di Android menjadi lebih efisien. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika RAM perangkat Anda sering digunakan. Ini karena cara kerjanya seperti itu.

Android saat ini dirancang untuk membuat aplikasi tetap berjalan di memori. Hal ini dilakukan agar aplikasi dapat berjalan lebih cepat saat dibuka.

2. Periksa aplikasi yang menghabiskan memori

Jika smartphone Android Anda masih terasa lambat, periksa aplikasi yang Anda gunakan. Dengan cara ini Anda dapat melihat aplikasi mana yang paling banyak menghabiskan memori.

Anda bisa mengetahuinya langsung dari menu pengaturan. Setelah Anda mengetahui aplikasi mana yang merepotkan, Anda dapat menggantinya dengan aplikasi yang lebih ringan.

3. Tidak diperlukan pembunuh tugas atau penguat RAM

Salah satu cara paling populer bagi pengguna Android untuk mempercepat perangkat mereka adalah dengan memasang aplikasi pembunuh tugas atau penguat RAM.

Namun, perlu diingat bahwa jenis aplikasi ini tidak memengaruhi kinerja perangkat secara signifikan.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, konsumsi memori Android lebih hemat. Oleh karena itu, pengguna perangkat Android tidak perlu menutup aplikasi yang masih berjalan.

Terlebih lagi, ada beberapa aplikasi yang dirancang untuk berjalan di latar belakang, jadi memaksa aplikasi untuk menutup sebenarnya akan memperlambatnya.

4. Kebiasaan sederhana untuk menghemat konsumsi RAM

Anda juga dapat melakukan beberapa cara sederhana untuk menghemat penggunaan RAM. Salah satunya tidak mengaktifkan wallpaper hidup atau banyak widget.

Cara lain adalah dengan menghapus aplikasi yang tidak lagi digunakan. Selain itu, perhatikan aplikasi atau sistem Android yang baru dirilis.

5. Pilih aplikasi Lite

Alternatif lain yang bisa Anda lakukan untuk menghemat memori adalah dengan memasang aplikasi sederhana atau simple. Aplikasi jenis ini dapat terus menggunakan fitur utama aplikasi, tetapi ringan.

Selain itu, aplikasi Google populer seperti Google Search, Google Assistant, dan Google Maps sudah memiliki versi sederhana yang disebut Go. Aplikasi seperti Facebook dan Twitter juga merupakan versi Lite.

You May Also Like

About the Author: renotahoebloggers

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *